PENG.
ANIMASI & DESAIN GRAFIS
“Desain Logo, Pin, dan Kaos”
Disusun Oleh :
1.
ZUAN FAUZAN (1C114681)
2. NITHA TIARA PUTRI (17114992)
3. MEYDI ANNISA (16114610)
UNIVERSITAS GUNADARMA
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PTA 2016/2017
Pada
pertemuan ke – 2 ini kami mendapat tugas untuk membuat desain Logo, Pin, dan
Kaos. Sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh saya dan teman-teman, bahwa
kami mengusung tema tentang Muslim. Dimana yang menjadi suatu ciri khas wanita
muslimah adalah Hijab-nya. Dengan begitu saya memutuskan untuk membuat desain
logo untuk online shop yang menjual product Hijab. Berikut ini adalah logo yang
telah saya buat berserta filosofinya :
Logo Hanitha Hijab
Filosofi
dari logo Hanitha Hijab :
Bentuk
awal yang digunakan dalam logo ini sebenarnya adalah lingkaran, dimana
lingkaran pada logo ini menggambarkan sebuah dunia. Garis yang membentuk
lingkaran didalam logo sengaja tidak berbentuk lingkaran secara penuh, hal
tersebut bertujuan untuk mengambarkan sebuah peluang, yang berarti bahwa
didunia ini memiliki banyak sekali peluang untuk membangun usaha. Warna orange
pada garis tersebut menggambarkan sebagai suatu sikap optimis Hanitha Hijab
dalam membangun usahanya.
Dalam
menunjukkan bahwa logo ini adalah sebuah logo online shop yang menjual product
Hijab, maka terdapat sebuah gambar seorang wanita yang menggunakan hijab. Dalam
menggambarkan wanita tersebut tidak dilengkapi dengan mata, hidung, mulut atau
bagian-bagian yang terdapat pada wajah manusia karena menurut fatwa Qardhawi,
bahwa gambar diperbolehkan apabila gambar tersebut bukanlah gambar yang
sempurna. Ia hanya gambar yang memiliki karakter khas yang tidak memenuhi
kriteria sebagai gambar yang hakiki. Telah diketahui bahwa selama ini yang melambangkan
sebuah mahkota para wanita yaitu rambut, dengan adanya gambar mahkota yang
didalam logo tersebut seolah memberikan sebuah pernyataan baru, bahwa yang
menjadi mahkota para wanita muslimah bukanlah rambut melainkan sebuah Hijab.
Hanitha
Hijab berharap dapat melayani para customer dengan penuh cinta dengan begitu
dipilihlah warna dasar pink dimana warna tersebut adalah warna yang sering
dipersepsi sebagai warna wanita atau feminim dan warna yang melambangakan
cinta. Begitupula dalam pemilihan sebuah font, dalam penulisan Hanitha
menggunakan jenis font Too Freakin Cute, karena dengan menggunakan font
tersebut tanda titik yang terdapat pada huruf ” i ” berubah menjadi simbol
cinta, seolah semakin mempertegas bahwa pelayanan yang diberikan oleh Hanitha
Hijab akan penuh dengan cinta.
Hanitha
juga berharap bahwa pada saat mengenakan Hijab akan memberikan keceriaan,
karena dengan menggunakan Hijab wanita akan terlihat lebih cantik. Merasakan
kehangatan pada saat memakai product Hanitha Hijab, karena product yang dijual
menggunakan kualitas yang baik. Menjadikan Hijab sebagai sahabat bagi para
pemakainya, dengan begitu dalam pewarnaan tulisan HIJAB dalam logo tersebut
menggunakan warna orange. Dimana warna tersebut melambangkan keceriaan,
kehangatan, persahabatan, dan optimisme. Warna ini juga memiliki daya tarik
yang kuat, karena mampu merangsang pandangan mata, sama dengan harapan Hanitha
Hijab yang ingin product-nya dapat memiliki daya tarik yang kuat, sehingga para
muslimah memutuskan untuk membeli product Hanitha Hijab.
REFERENSI :
https://mangkoko.com/ruang_baca/psikologi-warna-biarkan-warna-berbicara
http://www.alkhoirot.net/2012/03/hukum-menggambar-makhluk-bernyawa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar