Kursor

Cute Rocking Baby Monkey

Senin, 12 Oktober 2015

TUGAS I TEORI ORGANISASI UMUM



1)        Pendahuluan
Organisasi adalah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerja sama, terkendali dan terpimpin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dalam membentuk suatu organisasi, diperlukan adanya tujuan yang selaras serta visi dan misi agar proses organisasi dapat terarah dengan benar.

2)        Teori
Salah satu bentuk organisasi adalah organisasi public. Organisasi public adalah organisasi yang mewadahi seluruh lapisan masyarakat dengan ruang lingkup Negara dan mempunyai kewenangan yang absah ( terlegitimasi ) dibidang politik, administrasi pemerintahan, dan hukum. Sehingga mempunyai kewajiban melindungi warga negaranya, dan melayani keperluannya demi kesejahteraan masyarakat.

3)        Analisis
Ø  Kasus
Polri sebagai suatu organisasi public mempunyai tujuan dan target yang akan dicapai. Direktorat Lalu Lintas polda jawa barat memiliki tujuan organisasi yaitu :
a.    Mengurangi jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas.
b.    Mengurangi jumlah korban meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan lalu lintas.
c.    Mengurangi jumlah tenggang waktu antara kejadian sampai pada penyelesaian perkara.

Beberapa tujuan yang telah dirumuskan untuk dicapai selama 1 (satu) tahun, namun dalam kenyataannya tidak semua target dapat tercapai pada periode yang telah ditentukan karena mengalami hambatan-hambatan, seperti : Jumlah penyelidik laka lantas yang sangat rendah dibanding dengan jumlah kecelakaan yang terjadi. Kekurangan personil ini diyakini mempengaruhi jumlah penyelisihan perkara dan kecepatam pengnanganan perkara laka lantas.

Ø  Pokok Masalah
Jumlah personil yang bertugas dibandingkan dengan kuantitas dan kualitas masalah yang ditangani tidak proposional.

Ø  Pihak Yang Bertanggung Jawab
Direktur Lalu Lintas.

Ø  Solusi
Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkanlah beberapa alternative solusi, permasalah dalam pelaksaan tugas adalah masalah klasik, tetapi fakta menunjukkan hal ini selalu terjadi didalam organisasi kepolisian. Oleh karena itu menambah jumlah personil polri seksi laka lantas perlu diajukan kepada Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat pemohoan penambahan penyidik-penyidik pembantu. Dalam mengajukan permohonan tersebut dilakukan komunikasi dengan atasan sebelum surat permohonan resmi diajukan. Untuk menggambarkan secara matematis proporsi anggota yang seharusnya bekerja di seksi laka dan jumlah perkara yang ditangani sehingga akhirnya timbul pertanyaan dari atasan “Apakah jumlah personil di Seksi Laka cukup untuk melaksanakan tugas sesuai dengan proporsi yang sebenarnya?”. Dengan demikian pada saat surat permohonan diajukan, atasan dalam hal ini Direktur Lalu Lintas akan menyetujui permohonan tersebut.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar