Kursor

Cute Rocking Baby Monkey

Minggu, 15 November 2015

TUGAS III TEORI ORGANISASI UMUM



A.      Organisasi Sosial yang ada di sekitar lingkungan
1.        Karang Taruna.
Karang taruna adalah salah satu organisasi yang ada di lingkungan sekitar kita, karang taruna merupakan organisasi para pemuda atau remaja yang ada di desa atau kelurahan. Karang taruna berfungsi sebagai wadah pembinaan para pemuda desa atau kelurahan tersebut, tugas utamanya berkaitan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti : Kesenian, oalh raga, kesenian, bakti social dll.

B.       Kelebihan dan kekurangan dari organisasi tersebut
1.        Kelebihan
·         Saling mengenal sesame warga.
·         Menampung aspirasi generasi muda.
·         Meningkatkan rasa solidaritas.
·         Menumbuhkan dan meningkatkan minat berorganisasi.
·         Menumbuhkan dan meningkatkan rasa tanggung jawab.
·         Menampung dan mengembagkan minat dan bakat generasi muda.
·         Menjadi pemuda yang aktif dan progresif.
·         Mensukseskan program pemberdayaan masyarakat serta upaya-upaya strategis untuk menanggulangi kemiskinan dan pengangguran pemuda.
2.        Kekurangan
·         Kurangnya kesadaran para pemuda untuk terus memahami dan membudidayakan organisasi di mata social.
·         Kurang diminati oleh generasi muda.
·         Kurangnya pengetahuan generasi muda tentang keorganisasian.

C.       Konflik yang terjadi
Konflik yang sering terjadi di dalam organisasi karang taruna di wilayah saya adalah perbedaan pendapat dan perbedaan kebudayaan. Konflik tersebut biasanya terjadi ketika para anggota karang taruna melakukan rapat untuk membicarakan acara yang akan diadakan. Pendapat demi pendapat yang di sampaikan terkadang tidak sesuai antara anggota satu dengan anggota yang lainnya, sehingga menimbulkan sedikit perselisihan dan adu pendapat. Namun masalah ini tidak sampai pada konflik berkepanjangan, karena dalam pembicaraan menyusun acara pastilah menimbukan perbedaan pendapat dan pasti akan ada jalan tengah atau solusinya. Perbedaan pendapat juga sering di dorong oleh bedanya budaya yang dimiliki, ketika para anggota sedang membicarakan susunan acara atau hal-hal apa saja yang di lakukan dalam suatu kegiatan dapat berbeda-beda sesuai dengan budaya masing-masing.

D.      Bagaimana pengaruh terhadap organisasi tersebut
Organisasi karang taruna sangat berpengaruh dalam menghidupkan kegiatan aktivitas warga. Pengaruh utuk setiap anggota Karang Taruna adalah mampu meningkatkan rasa solidaritas serta menjadi pribadi yang lebih aktif, dan mampu meningkatkan rasa tanggung jawab.

E.       Analisis dari Oorganisasi
Karang taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olah raga, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Referensi :
       www.blog.pakistaji.com/2013/10/mengenal-karang-taruna/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar