Kursor

Cute Rocking Baby Monkey

Sabtu, 21 Maret 2015

ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum)



A.       PENGERTIAN IBD (Ilmu Budaya Dasar)
IBD atau Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu untuk mempelajari dasar-dasar budaya yang terdapat didalam suatu bangsa, dengan begitu diharapkan dapat menambah pengetahuan-pengetahuan dasar tentang budaya yang terdapat didalam suatu bangsa, dan dapat mengetahui masalah-masalah manusia dan budaya apa saja yang pernah ataupun yang sedang terjadi didalam bangsa tersebut. Bukan hanya sekedar mengetahui masalah yang terdapat didalam bangsa tetapi juga mengkaji masalah tersebut, mencari tau hal-hal apa saja yang menyebabkan masalah itu bisa terjadi dan bagaimana cara kita untuk menyelesaikan atau solusi dari masalah tersebut. Pada dasarnya masalah tidak akan terjadi bila tidak ada suatu penyebab dari masyarakat bangsa itu sendiri, dan suatu masalah pasti ada sebuah solusi untuk menyelesaikannya. disini Mahasiswa diajarkan untuk megembangkan kepribadiannya dengan cara memperluas wawasan pemikiran, serta kemampuan kritikal terhadap suatu masalah yang menyangkut nilai-nilai budaya.

Pada saat ini, terdapat kecenderungan terhadap perilaku masyarakat yang sering mengabaikan sikap dan perilaku moral, serta kurangnya berbudaya. Sikap dan perilaku itulah yang dapat menyebabkan hilangnya Budaya Indonesia yang sebenarnya, masyarakat indonesia yang dahulu dikenal sebagai masyarakat dengan budaya musyawarah, saling menghormati, gotong royong dan lain sebagainya, sekarang seolah bertolak belakang dari budaya Indonesia yang dikenal dahulu, bahkan sekarang seringkali kita melihat sebuah perilaku sosial yang menyimpang, dengan semakin berkembangnya zaman, kebudayaan asli Indonesia pun sedikit demi sedikit tergeser oleh kebudayaan asing, kebudayaan asing dengan begitu cepat dapat masuk kedalam kebudayaan Indonesia, dan tragisnya kebudayaan barat itupun dengan cepat diterima oleh masyarakat Indonesia, khususnya para remaja. Contohnya saja kebudayaan barat yang sekarang sudah merasuki kebudayaan Indonesia bahkan sudah sangat mendominasi yaitu : pergaulan bebas, cara berpakaian yang terus mengikuti trend yang berkembang, pergi ke diskotik, minum-minuman keras, narkoba, rambut di cat, wanita berpakaian seperti laki-laki, sertalaki-laki yang berpakaian seperti wanita, hal-hal tersebut yang nantinya akan merusak moral para remaja di Indonesia.

Solusi dari permasalahn tersebut kita harus mengenalkan kembali kepada kaula muda betapa kayanya kebudayaan yang kita miliki, dengan mengenalkan dan melestarikan pakaian batik, dan mewajibkan para karyawan dan anak-anak sekolah untuk memakai batik pada hari-hari tertentu, dengan model yang tak kalah menarik dari pakaian-pakaian model barat, tetapi tidak meninggalkan adat ketimuran yang santun. Kita boleh saja menerima kebudayaan barat yang masuk kedalam lingkungan kita, tetapi sebaiknya kita mengkaji terlebih dahulu kebudayaan mana yang baik, yang tidak merusak moral bangsa kita sendiri terutama dikalangan para remaja.


B.        TUJUAN IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Berikut tujuan dengan adanya materi Ilmu Budaya Dasar (IBD) ini sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang diberikan kepada mahasiswa diseluruh perguruan tinggi negri dan swasta :
·         Diharapkan dapat memberikan pengertian dasar dan pengertian umum tentang sebab-sebab yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
·         Mengembangkan daya tangkap, persepsi, penalaran, dan apresiasi mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
·         Mengembangkan minat dan kebiasaan masyarakat untuk menyelidiki hal apa saja yang terjadi disekitarnya dan diluar lingkungan, yang menyangkut orang lain, alam sekitar, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
·         Mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pikiran.
·         Kesadaran akan nilai-nilai pola kehidupan.
·         Menghasilkan warga negara yang mempunyai jiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
·         Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat.

C.       RUANG LINGKUP IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar atau basic humanities pengetahuan budaya yang mencangkup keahlian seperti seni sastra, seni tari, seni rupa, dan lain-lain. Jadi Ilmu Budaya Dasar bukanlah ilmu tentang berbagai budaya, melainkan pengertian dasar dan pengertian umunya tentang konsep-konsep dan teori-teori budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan.
Terdapat perdebatan berbagai masalah pokok yang dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar ialah : Berbagai aspek kehidupan yang didalamnya adalah persoalan dalam menjalankan kehidupan dan fenomena budaya yang berkembang, hakekat manusia baik individu maupun kelompok, yang memiliki keanekaragaman kebudayaan dimasing-masing daerah. namun terdapat banyak perbedaan-perbedaan antara manusia satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkingan alam dan sebagainya. Dimana perbedaan tersebut dapat mewujudkan berbagai bentuk ekspresi seperti : ungkapan, fikiran, perasaan, dan tingkah laku.

Sumber :         http://elerning.gunadarma.ac.id/
                       
SOAL

1.      Pengertian umum tentang Ilmu Budaya Dasar adalah ...
*   a.  Konsep-konsep dan teori-teori budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan
     b.  Ilmu tentang budaya secara global dan tidak mendalam
     c.  Ilmu yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral
     d.  Ilmu mengenai masalah sosial dalam kehidupan masyarakat

2.      Sikap dan perilaku apa saja yang dapat menyebabkan hilangnya budaya Indonesia yang dikenal ramah tamah ...
*   a.  Munculnya sikap individualisme, matrealistis serta kurangnya berbudaya
     b.  Ramah, santun dan bergotong royong
     c.  Saling menghargai dan menghormati satu sama lain
     d.  Welcome terhadap orang-orang asing atau pendatang

3.      Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kebudayaan asli Indonesia sedikit demi sedikit tergeser oleh kebudayaan asing, kecuali ...
a.    Mudahnya mengakses informasi secara global
b.    Krisis globalisasi
*   c.  Cerdasnya sikap masyarakat dalam mengkaji  kebudayaan yang baik
d.    Perkembangan teknologi

4.      Berikut tujuan adanya materi Ilmu Budaya Dasar (IBD) ini sebagai Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), kecuali ...
a.    Memberikan pengertian dasar dan pengertian umum tentang sebab-sebab yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan
*   b.  Menambah pengetahuan dan meniru gaya hidup budaya barat
c.    Menambah wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat
d.    Mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pikiran

5.      Keanekaragaman kebudayaan terbentuk akibat adanya perbedaan ...
a.    Ungkapan, fikiran, dan perasaan
b.    Tingkah laku, proses adaptasi, dan perasaan
c.    Perasaan, ungkapan, dan tingkah laku
*   d.  ruang, tempat, waktu, dan keadaan sosial budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar