Kursor

Cute Rocking Baby Monkey

Jumat, 24 April 2015

MANUSIA DAN PENDERITAAN



A.       PENGERTIAN PENDERITAAN
Penderitaan merupakan teguran dari Allah kepada umat-Nya agar manusia sadar untuk tidak berpaling dari-Nya. Allah telah menciptakan manusia dengan segala kelebihannya dibandingkan dengan makhluk lainnya, penderitaan tersebut dapat berkurang maupun bertambah berat tergantung bagaimana manusia menyikapi penderitaan tersebut. Sesungguhnya Allah tidak pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan umat-Nya.
Dakam penderitaan itu banyak jenisnya salah satunya adalah penderitaan fisik. Dalam penderitaan fisik contohnya yaitu dalam bekerja sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita) sering mendapatkan siksaan yang melukai fisik seorang pekerja tersebut yang dilakukan oleh majikannya.

B.       PENGERTIAN SIKSAAN
Siksaan yaitu kata yang digunakan untuk menunjukkan atau pengungkapan rasa sakit pada badan (jasmani) seseorang, atau juga dapat berupa siksaan jiwa (rohani) seseorang. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah penderitaan.
Siksaan yang sifatnya psikis bisa berupa :        1. Kebimbangan,
                                                                     2. Kesepian, dan
                                                                     3. Ketakutan.

C.       PHOBIA
Phobia merupakan perasaan takut yang berlebihan pada suatu hal, dimana seseorang bertindak irasional dan mempunyai ketakutan yang besar akan sesuatu hal. Biasanya seseorang yang mempunyai phobia akan merasakan sesuatu ketakutan pada saat tertentu, phobia biasanya disebabkan oleh seseorang yang mengalami trauma dimasa lalu, rasa trauma tersebut membekas didalam kesadarannyakarena ketakutan yang sangat besar rasa trauma ditekan sampai pada wilayah ketidak sadaran dan raa trauma ini sangat dominan mempengaruhi perilaku dan fikiran. Misalnya, phobia terhadap kucing maka saat seseorang itu hanya mendengar kata kucing sudah dapat menyebabkan ketakutan yang luar biasa.
Phobia dapat disebabkan oleh berbagai macam hal pada umumnya sesuai dengan yang dijelaskan diatas yaitu karena pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar, dan peristiwa traumatis yang dialami di masa kecil dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya phobia.

D.       KEKALUTAN MENTAL
Pengertian kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga pada saat itu seseorsng merasa tidak berdaya. Saat mendapatkan kekalutan mental berarti seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang harus dilakukan oleh dirinya sendiri. Dengan mental yang jatuh maka tak jarang membuat orang yang mengalami keadaan tersebut menjadi tidak waras atau gila. Karena seharusnya orang yang sedang mengalami keadaan tersebut mendapatkan dukungan moril dari orang-orang dekat disekitarnya, hal tersebut dapat menyebabkan kebangkitan semangat hidup lagi bagi seseorang tersebut.
Gejala-gejala kekalutan mental berhubungan dengan gangguan jiwa, tahapan seseorang dalam mengalami gangguan jiwa merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh kekalutan mental. Gejala awal pada seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah : pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak nafas, demam. Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna kadang menyebabkan terjadinya konflik baru, dan menyebabkan seseorang menjadi terbebani akan masalah-masalahnya serta tidak ada seseorang yang membuatnya bangkit dari penderitaan-penderitaan yang sedang dialami sehingga ia tidak dapat menyesuaikan diri lagi, dan dapat menyebabkan seseorang melakukan hal-hal yang bersifat negarif.

E.       TAHAP-TAHAP GANGGUAN KEJIWAAN
1.        Gangguan kejiwaan nampak pada gejala-gejala kehidupan si penderita baik jasmani maupun rohani.
2.        Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif.
3.        Kekalutan merupakan titik patah (breakdown) yang menyebabkan sesorang yang bersangkutan mengalami gangguan.

F.        SEBAB-SEBAB KEKALUTAN MENTAL.
1.        Kepribadian yang lemah : Hal ini sering menyebabkan seseorang merasa rendah diri yang secara berangsur-angsur akan menyudutkan kedudukannya kemudian dapat menghancurkan mentalnya.
2.        Terjadinya konflik sosial budaya : Perbedaan norma antara seseorang dengan masyarakat disekitarnya, sehingga ia tidak dapat menyesuaikan diri lagi.
3.        Cara pematangan batin : Memberikan reaksi yang salah ataupun berlebihan terhadap kehidupan sosial.
Proses kekalutan mental yang dihadapi seseorang dapat mendorong kearah yang Positif maupun Negatif. Dalam hal yang Positif penderitaan atau masalah yang dialami mampu diselesaikan dengan baik, yaitu dengan melakukan hal-hal yang bersifat positif seperti sholat tahajud malam hari untuk memperoleh ketenangan jiwadan mencari jalan keluar untuk permasalahan yang sedang dihadapi. sedangkan dalam hal Negatif penderitaan atau masalah tersebut dipelarutkan sehingga orang tersebut mengalami frustasi, yaitu tekanan batin akibat masalah yang sedang dialami.

G.      HUBUNGAN PENDERITAAN DAN PERJUANGAN
Setiap manusia pasti mengalami sebuah penderitaan didalam hidupnya, baik penderitaan yang ringan ataupun berat, dan manusia wajib berusaha untuk mengurangi penderitaan yang sedang dialaminya, atau bahkan menghilangkan penderitaan tersebut. Manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagia, melainkan juga untuk menderita. Karena itu manusia tidak boleh pesimis menganggap hidupnya adalah bagian dari penderitaan.
Pembebasan penderitaan pada hakikatnya meneruskan kelangsungan hidup dengan cara berjuang menghadapi tantangan hidup dialam sekitar, maupun masyarakat. Manusia hanya bisa merencanakan segala hal didalam hidupnya dan Allah-lah yang menentukannya. Kelalaian manusia yang dapat menyebabkan penderitaan bagi manusia itu sendri.

H.       HUBUNGAN PENDERITAAN MEDIA MASSA DAN SENIMAN
Bagi media masa dan seniman penderitaan dibuat melalui karya sastra yang dapat dikomunikasikan kepada masyarakat sehingga ikut merasakan penderiaan tersebut. Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagainya. Penderitaan yang terjadi di seluruh dunia merupakan salahs atu obyek sasaran media massa untuk membuat berita, kemudian akan sampai ke seluruh penjuru masyarakat termasukpara seniman yang kemudian akan mengapresiasikan rasasimpatinya melalui karya seni

I.          SEBAB-SEBAB TIMBULNYA PENDERITAAN
Sebab-sebab timbulnya penderitaan antara lain :
1.      Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan dalam hal ini dapat terjadi karena perbuatan buruk manusia dengan hubungan sesama manusia lain, ataupun dengan alam sekitar. Karena perbuatan buruk antara sesama manusia dapat mengakibatkan manusia lain menderita. Contoh : Perbuatan buruk ibu kandung yang menganiaya anak kandungnya sampai mengakibatkan kematian.
Perbuatan manusia yang buruk juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan alam sekitar. Contoh : Musibah banjir dan tanah longsor, seringkali bencana ini memakan banyak korban, belum lagi akibat yang ditimbulkan karena bencana alam ini yaitu kehilangan maupun kerusakan harta benda dan derita yang dialami. Tapi terkadang manusia baru menyadari bahwa bencana yang dialami tersebut timbul karena perbuatan buruk manusia itu sendiri.
2.      penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan atau azab Allah
Penderitaan juga dapat terjadi karena penyakit, siksaan atau azab Allah. Kesabaran, tawakal, dan optimisme merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan tersebut. Banyak kasus penderitaan akibat hal ini salah satu contoh dari penderitaan yang timbul adalah : Seseorang yang lahir dengan tubuh yang tidak sempurna, ia butuh berjuang untuk meneruskan hidupnya, awalnya mungkin ia seakan tidak punya harapan untuk hidup, tetapi ia pasti menyadari bahwa Allah yang akan selalu membantunya Ia pasti akan menunjukkan kebesaran dan kuasanya bagi orang-orang yang tidak pernah mengenal putus asa.

J.         PENGARUH PENDERITAAN TERHADAP SESEORANG
Setiap penderitaan yang dialami oleh seseorang dapat membawa pengaruh yang positif maupun negatif. Sikap positif akibat seseorang pernah mengalami penderitaan yaitu sikap optimis dalam menghadapi penderitaan hidup, dan menilai bahwa hidup bukan rangkaian dari suatu penderitaan melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan, dan penderitaan merupakan bagian dari kehidupan.
Sedangkan sikap negatifnya adalah rasa penyesalan terhadap sesuatu hal yang mengakibatkan penderitaan tersebut atau yang membuatnya tidak bahagia dalam menjalankan kehidupan, kemudian rasa kecewa, putus asa dan bahkan rasa ingin bunuh diri untuk menyelesaikan atau mengakhiri penderitaan.

                        http://yukaass.blogspot.in/2012/10/pengertian-phobia-istilah-phobia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar